CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 20 Desember 2012

Meteor Garden VS Siapa Takut Jatuh Cinta


METEOR GARDEN VS SIAPA TAKUT JATUH CINTA

Berawal dari sebuah adegan iklan promosi film series, satu cewek yang kana siram muncratan genangan air dari mobil BMW, setelah itu mobil berhenti dan turun 4 cowok satu persatu kasih senyuman ke cewek, cewek itu tersenyum ke 3 cowok tersebut tapi begitu cowok yang keempat (yang nyetir) keluar, si cewek mendekat dan menampar muka si cowok.
Itulah iklan “Siapa Takut Jatuh Cinta”, yang sempat membuat kita penasaran. 

Di saat gencar gencarnya salah satu Statiun swasta di Indonesia mempromosikan Film tersebut , satu Televisi Swasta lainnya memutarkan film drama series dari Taiwan yang berjudul “Meteor Garden” disaat yang nyaris bersamaan (tapi pemutaran MG lebih duluan 1 minggu). Promosinya memang tidak se-“Wah” yang STJC tapi memang dapat mengambil hati dari penonton film tersebut. 
Setelah pemutaran perdana STJC , para penonton jadi membandingkan antara MG dan STJC sebab banyak terdapat kesamaan dalam serial Tv tersebut dengan MG dari segi karakter peran utama (bandingkan gaya , Roger , Oni , dan Indra .mereka mirip dengan A se , San Chai dan Lei). Pihak rumah produksi menyatakan bahwa story line yang mereka buat memang hasil karya mereka tapi ngga mungkin kan semua nya bisa mirip , mungkin itu memang suatu “kebetulan”.
Karena banyak mengalami tudingan “penjiplak” dari penonton serial MG maka rumah produksi menyatakan mengadakan revisi ulang seri tersebut, tapi biarpun begitu Rumah Produksi masih menyatakan bahwa storyline yang dulu itu memang hasil karya mereka.


Revisi ulang dilakukankan pada episode 3 dan 4. Penulis Serial tersebut harus pandai pandai menjejalkan adegan adegan yang akan di sambungkan ke dalam adegan lainnya dan itu bukan hal yang mudah sebab kalau penulis tidak baik-baik membuat naskah revisinya alur cerita nanti akan terasa aneh dan janggal.
Di Indonesia, wabah Drama Asia menyebar dengan cepat berkat Meteor Garden yang tayang sekitar satu dekade yang lalu. Sinetron SCTV Siapa Takut Jatuh Cinta saat itu membuat orang menjadi penasaran, karena sinetron yang dibintangi oleh Leony VH itu dituding menjiplak MeteorGarden.


Seiring dengan penayangan sinetron SIAPA TAKUT JATUH CINTA di salah satu Tv swasta, fans Meteor Garden bereaksi tentang penjiplakan yang dilakukan PRIMA ENTERTAINMENT terhadap Meteor Garden dalam sinetronnya. Rupanya fans Meteor Garden tidak rela kalau drama idolanya dijiplak habis-habisan. Walaupun dengan cara yang berbeda-beda dan tersebar di mana-mana, protes fans Meteor Garden akhirnya berhasil menyita perhatian media maupun masyarakat. Sebelumnya masyarakat telah mampu menilai dan membandingkan tayangan Meteor Garden yang untungnya lebih dulu ditayangkan di Indosiar dengan sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta. Jalan cerita, karakter pemain dan penokohan Siapa Takut Jatuh Cinta sangat persis sekali dengan Meteor Garden karenanya dengan mudah fans ataupun non fans dapat menebaknya. Skandal penjiplakan sinetron-sinetron Indonesia merabak lagi karena masalah ini, tercatat sinetron-sinetron lain yang diduga kuat merupakan jiplakan dari serial asing, di antaranya bersumber dari Jepang, Hong Kong, Taiwan, China maupun negara negara ASIA lainnya. Karena pengetahuan yang minim tentang serial asing dan keterbatasan kita menikmati serial asing maka hanya segelintir orang yang mengetahui dan mengamati penjiplakan J-doramas, Mandarin serials dan lain-lain. Meteor Garden vs Siapa Takut Jatuh Cinta bisa dibuktikan dan ditanggapi karena secara kebetulan serial aslinya ditayangkan, namun buat yang lain, sungguh sayang masih diperlukan bukti kuat ataupun kesediaan stasiun TV lain yang menayangkan aslinya. Selama ini hanya segelintir fans serial asing yang bergabung di community tertentu yang dapat membuktikan tapi tidak didukung oleh persatuan antar fans dan bukti yang kuat. Permasalahan Meteor Garden vs Siapa Takut Jatuh Cinta juga telah membuat fans lebih menyatu dan bekerja sama, setidaknya di komunitas forum dapat terjalin kerjasama dan saling tukar informasi.
jadi, menurut saya keduanya sangat menarik perhatian masyarakat karena keduanya menampilkan 4 cowok ganteng dan kaya raya, serta 1 cewek cantik sederhana yang tertindas. Nah, 2 serial tv yang saya maksudkan di sini adalah “Siapa Takut Jatuh Cinta” (STJC -Indonesia), dan “Meteor Garden” (MG - Taiwan).


Saat STJC tayang perdana, seminggu kemudian MG juga tayang perdana. Keduanya memiliki alur cerita yang sama di awal-awal episode. Dan saat mengetahui MG dibuat duluan dari pada STJC, kontan masyarakat Indonesia langsung marah dan mengecap STJC (buatan Indonesia) adalah sinetron PLAGIAT.
Karena banyak kecaman dari masyarakat yang shock sinetron Indonesia menjiplak sinetron Taiwan, ngga tau di episode berapa STJC akhirnya merubah alur cerita HYD dengan improvisasi mereka sendiri. Karakter tokoh-tokohnya menjadi kurang jelas sehingga alur ceritanya juga kurang jelas arahnya. Saya sendiri kurang mengikuti perkembangan episode di STJC sehingga saya kurang tau sinetron ini berakhir di episode berapa dan bagaimana endingnya. Sama juga di Meteor Garden. MG punya latar belakang karakter sama persis dengan komik HYD. MG berakhir di episode 19 dan melejitkan nama F4 yang notabene para pendatang baru semua. Mereka pun membentuk boyband yang langsung terkenal. Bahkan mereka sempat mengadakan konser di Indonesia. (F4: Jerry Yan, Vic Chow, Vaness Wu, Ken Zu).

F4 Bersama Barbie Xu


Leoni, Indra Brugman, Roger Danuarta, Steve Imanuel dan Jonathan Frizzi


REFERENSI :


http://jazzymu.blogspot.com/2011/03/plagiarisme-dalam-dunia-musik-dan.html





http://allaboutduniatv.blogspot.com/2012/05/daftar-drama-asia-yang-di-hentikan.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar